Rabu, 03 September 2008

RSI14

SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU
SMP N 2 TEMANGGUNG


A. LATAR BELAKANG
Keberadaan siswa baru merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun ajaran baru pada sebuah lembaga pendidikan baik pendidikan dasar,lanjutan tingkat pertama,menengah umum,maupun perguruan tinggi.Setelah mengalami masa pendidikan di SD(sekolah dasar).Tentunya dijamin yang serba modern dengan teknologi yang maju.Pendidikan tidak hanya cukup SD saja tetapi,Pemerintah juga telah menerapkan wajib belajar sembilan tahun.Itu artinya minimal sampai SMP. Padahal dijaman yang serba maju ini kita dituntut untuk lebih pintar dan kreatif.Di SMP Negeri 2 Temanggung adalah salah satu wadah untuk melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi dan sekolah ini adalah yang cukup maju sehingga agak keteteran dalam memproses data siswa,sehingga sekolah ini memerlukan system yang bisa membantu dalam memproses data siswa.dan system tersebut adalah system dengan menggunakan DFD konteks,DAD maupun flowchart.Dengan adanya system ini, sekolah ini bisa bekerja tepat waktu dan efisien.

B. RUMUSAN MASALAH
Masalah dalam pendaftaran siswa baru SMP N 2 Temanggung ini pada umumnya yaitu:
a. Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan siswa baru.
b. Bagaimana membuat aplikasi dari sistem pendaftaran siswa baru dengan menggunakan MS. Access

C. TUJUAN
Tujuan diadakannya Sistem PSB Sekolah Bertaraf Internasional yaitu :
• Memudahkan dalam Perancangan Sistem Informasi yang berjalan.
• Menciptakan PSB yang teratur dan tertata rapi.
• Melatih para Guru dalam merancang System sehingga dapat bekerja dengan efisien dan tepat waktu.
• Mempermudah dalam Penyeleksian PSB.
• Mempermudah dalam menyusun data- data siswa.
• Mempercepat pekerjaan
• Meningkatkan Kualitas yang terbaik.
D. BATASAN MASALAH
Sistem ini memberi fasilitas,yang terdiri dari :
- Adanya proses DFD konteks yang dapat memberikan gambaran bagaimana sistem ini berjalan sehingga pengguna lain juga bisa mengerti dan memahami.
- Adanya proses DAD yang memproses secara rinci sehingga dapat memberi gambaran yang lebih jelas dan dapat menangani dengan data dengan cepat sehingga pengguna lebih terbantu.
Dan sistem membatasi Pengguna yaitu tidak semua Guru dapat melihat File siswa karena di lengkapi dengan password.

E. METODOLOGI
Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem diskusi kelompok serta Wawancara dengan Nara Sumber salah satu Panitia PSB
Langkah- langkah :


F. IDENTITAS ORGANISASI
Nama Organisasi : SMP Negeri 2 Temanggung
Alamat : Jl. Jendral Sudirman 21 Temanggung 56216
Bidang Gerak : Pendidikan
Contact : (0293) 491383
Email : smpn2tmg@yahoo.co.id
Blogger : smpntmg2.multiply.com

G. DESKRIPSI DAN ANALISA SISTEM YANG SEKARANG BERJALAN
Nama system : PSB Sekolah Bertaraf Internasional
Tujuan :
• Memudahkan dalam Perancangan Sistem Informasi yang berjalan.
• Menciptakan PSB yang teratur dan tertata rapi.
• Melatih para Guru dalam meramcang System sehingga dapat bekerja dengan efisien dan tepat waktu.
• Mempermudah dalam Penyeleksian PSB.
• Mempermudah dalam menyusun data- data siswa.
• Mempercepat pekerjaan
• Meningkatkan Kualitas yang terbaik.
Yang bertanggug jawab terhadap Sistem PSB Sekolah Bertaraf Internasional adalah Kepala sekolah Beserta Panitia PSB.
Model system yang berjalan
a. Struktur Organisasi
• Penanggung jawab Kepala Sekolah
• Ketua Panitia
• Wakil Ketua
• Sekretaris
• Bendahara
• Anggota
b. Diagram Konteks

DIAGRAM KONTEKS


Diagram konteks diatas menggambarkan bahwa system sebagai proses berinteraksi dengan empat Entity yaitu Calon siswa, Panitia PSB, Tata Usaha serta Kepala Sekolah.
Sistem menerima Input berupa :
• Data Calon siswa yang berasal dari calon siswa berupa ijazah, SKHU, Foto serta kelengkapan persyaratan lainya.
• Hasil seleksi dari panitia PSB yang diperoleh setelah dilakukan penyeleksian data siswa, hasil seleksi tersebut dalam bentuk Rangking.
Sistem mengeluarkan Output berupa :
• Rincian data Siswa yang di tujukan kepada panitia PSB yang diperoleh dari data calon siswa dari calon siswa.
• Pengumuman kepada calon siswa yang berasal dari rincian data siswa dari panitia yang telah diproses oleh system menjadi pengumuman tersebut.
• Data siswa diterima kepada tata usaha yang nanti nya akan mejadi kegiatan rutin Tata Usaha dalam menangani urusan kesiswaan.
• Laporan kepada Kepala Sekolah berupa Laporan hasil seleksi, serta kegiatan yang telah dilaksanakan.

DFD LEVEL O

Pada DFD level 0 diatas, menjabarkan sistem penerimaan siswa baru dalam 3 proses yaitu :
• 0.1 Pendaftaran
 Dari calon siswa memberikan inputan berupa data calon siswa ke sistem kemudian sistem mengeluarkan output berupa rincian data calon siswa kepada panitia PSB dan disimpan dalam file calon siswa
 Panitia memberikan formulir dan No pendaftaran kepada sistem.
 Setelah menerima data calon siswa, sistem mengeluarkan formulir dan nomor pendaftaran yang berasal dari panitia PSB pada calon siswa.
 Calon siswa mengembalikan formulir yang telah diisi serta dilengkapi persyaratan yang belum terpenuhi kepada sistem.
 Sistem memberikan formulir yang telah diisi serta dilengkapi persyaratan kepada Panitia PSB.
• 0.2 menyeleksi data
 Panitia mengeluarkan rincian data dan formulir yang telah diisi oleh calon siswa kepada sistem kemudian sistem menyeleksi data yang berasal dari panitia.
 Sistem mengeluarkan output berupa hasil seleksi kepada panitia PSB kemudian panitia PSB memberikan hasil seleksi kepada sistem.
 Sistem menyimpan data calon siswa yang telah diseleksi berupa data siswa yang diterima dalam file siswa.
 Sistem mengeluarkan hasil seleksi berupa pengumuman kepada calon siswa.

• 0.3 Laporan
 Sistem menerima input berupa data siswa yang diterima dari file siswa. Kemudian Mengeluarkan laporan kepada kepala sekolah dan laporan siswa yang diterima kepada Tata Usaha.

Teknologi yang digunakan adalah menggunakan sistem Komputer.
Persoalan dan peluang yang ada dengan menerapkan PIECES Framework
• P (Performance) = Bentuk dan tampilan system menarik dan mudah dimengerti.
• I (Information) = Hasil-hasil seleksi,ketentuan,tata tertib dapat dibaca di web/blogger SMP N 2 Temanggnug melalui internet sehingga siswa dapat melihat atau membaca kapan saja dan setiap waktu.
• E (Economis) = Lokasi sekolah strategis sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan.
• C ( Control ) = Terjaminnya keamanan data,contohnya siswa yang telah masuk 96 besar dilarang mengambil File mereka,Tujuannya agar tidak kehilangan siswa yang berprestasi serta terdapatnya security (password) pada computer sehingga tidak sembarang guru dapat melihat file siswa.
• E (Efficiency) = Dengan menggunakan sistem ini para guru dapat menghemat waktu dan dengan bantuan komputer dapat menghemat tenaga sehingga bisa bekerja secara efisien.
• S ( Service) = Jika ada kesalahan data mudah dicari dan diperbaiki.
H. ANALISA KEBUTUHAN PENGGUNA

I. DAFTAR PUSTAKA
Abdul,Kadir.1999.Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data.Penerbit Andi:Yogyakarta
J. LAMPIRAN
 Lampiran berupa daftar pertanyaan serta jawaban yang didapat dari nara sumber.
 Brosur serta Formulir Pendaftaran dari Instansi.

NAMA Aggota:
GUNTUR FEBRIANTO
IRMALITA
KUSHIDAYATI PRASANTI
OKTAVIA WORO UTAMI

Tidak ada komentar: